Sabtu, 21 Maret 2009

MITIGASI RISIKO TAHAP KOMERSIAL PADA PERUSAHAAN JALAN TOL

By Hilman Muchsin

Berbagai risiko yang belum berhasil dimitigasi oleh Perusahaan Jalan Tol pada tahap persiapan dan pelaksanaan konstruksi, serta dalam rangka memaksimalisasi pendapatan Perusahaan Jalan Tol pada tahap komersial, maka pengendalian risiko dapat dilakukan dalam bentuk berbagai tindakan. Dan langkah yang harus dilakukan oleh Perusahaan Jalan Tol adalah seperti

1. Pengembangan Desain
2. Pengembangan Teknologi
3. Pengembangan Commercial Area
4. Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jalan

Ada dua jenis aktivitas yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan keserasian dalam rangka mitigasi risiko, agar kinerja or-ganisasi perusahaan berjalan lebih efektif dan optimal, yaitu penyetelan (fine tunning) dan penyesuaian inkremental (incremental adaptation). Fine tunning bertujuan untuk memperbaiki beberapa aktivitas perencanaan dan pelaksanaan yang sudah berjalan baik, sedangkan incremental adaptation bertujuan untuk memperbaiki perubahan-perubahan kecil sebagai respon atas adanya pergeseran kecil ditempat dimana strategi dari organisasi perusahaan di implementasikan.

Mitigasi risiko pada tahap komersial sesungguhnya adalah langkah Pengendalian strategi dari organisasi perusahaan dalam bentuk memantau dan mengevaluasi manajemen organisasi perusahaan. Oleh karena itu aspek penting dalam mitigasi risiko adalah informasi yang akurat. Informasi tidak hanya dibutuhkan pada awal-awal penyusunan strategi tetapi juga pada saat pengendalian ber-langsung. Apabila langkah-langkah antisipasi dari hal-hal tersebut diatas telah dilakukan, maka organisasi Perusahaan Jalan Tol dapat menjamin bahwa pengelolaan Jalan Tol telah dilakukan secara efektif dan optimal dengan sumber daya yang kompeten.

Salam,
Hilman Muchsin

Tidak ada komentar: