Sabtu, 22 Agustus 2009

Pasangan Australia pecahkan Rekor Dunia Irit BBM


PASANGAN suami istri berkebangsaan Australia, pada Rabu (20/8) diberitakan berhasil memecahkan rekor dunia atas nama mereka sendiri yang tercatat dalam Guiness Book of World Records. Rekor irit bahan bakar ini dibukukan oleh Helen dan John Taylor.

Mereka berhasil mencatatkan konsumsi rata-rata 28,9km/liter yang dibukukan lewat sebuah perjalanan yang dimulai dari negara bagian Virginia kemudian melintasi 48 negara bagian sampai mereka kembali lagi di Virginia setelah mencatatkan jarak tempuh 14.483km. Perjalanan yang menghabiskan waktu 3 minggu ini melewati 14 pos pemeriksaan (checkpoints) dengan mematuhi seluruh aturan lalu lintas yang ada.

Rekor irit BBM sebelumnya juga dibuat oleh pasangan ini pada tahun lalu dengan catatan rata-rata 25,64 km/liter. Kedua rekor ini dibuat dengan mengunakan mobil yang sama yaitu Volkswagen Jetta TDI yang dijual untuk pasar AS.

Setelah diselidiki, ternyata keluarga Taylor ini memang memiliki hobi menjalankan kendaraan dengan cara seirit mungkin. Rekor ini bukan rekor kedua yang telah mereka bukukan. Jauh sebelumnya, pasangan ini sudah mengantongi lebih dari 80 rekor irit bahan bakar.

Kendaraan yang digunakan mereka pun beraneka ragam. Mulai dari Ford, Daihatsu, Holden, Toyota, Chrysler, Daewoo, Peugeot, Lexus, Subaru, Volvo, Voyager hingga Land Rover pernah mereka gunakan untuk mencatatkan rekor mereka.

Pasangan ini mengatakan, VW Jetta yang mereka gunakan untuk memecahkan rekor mereka tahun lalu ini telah di uji tingkat efisiensinya oleh badan perlindungan lingkungan AS, EPA (Environmental Protection Agency) dengan hasil 12,82km/liter untuk dalam kota, 17,54km/liter pada jalan bebas hambatan. Pemecahan rekor spektakuler ini juga didukung oleh penggunaan ban Goodyear berkarakter low rolling resistance.

"Kami berharap rekor dunia ini dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar bijaksana dalam memilih ban yang benar, menggunakan bahan bakar yang tepat dan menenerapkan teknik mengemudi yang efisien agar dapat menghemat biaya dan bahan bakar serta mengurangi emisi karbon," ujar Helen Taylor. (Cdx)


Minggu, 23 Agustus 2009
Media Indonesia.
http://www.mediaindonesia.com/mediaoto/index.php/read/2009/08/20/453/2/Pasangan-Australia-pecahkan-Rekor-Dunia-Irit-BBM-

Tidak ada komentar: