Jumat, 28 Agustus 2009

Defisit AS Diperkirakan 82% dari PDB



Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengharapkan defisit anggaran selama 10 tahun akan mencapai US$9 triliun. Seperti yang diungkapkan oleh administrasi Obama pada cnn.com, (defisit) lebih tinggi sebesar US$2 triliun yang diperkirakan pada tahun ini.


“Resesi lebih tajam dari yang diperkirakan, tentunya program-program belanja (seperti asuransi pengangguran dan makanan) adalah proyek yang secara otomatis menambah (pengeluaran) dan pendapatan otomatis akan berkurang,”
ungkap Peter Orszag, direktur kantor manajemen dan anggaran yang dikutip dari cnn.com.

Kabar yang beredar defisit anggaran berlipat ganda dari yang tercatat pada tahun 2008 yang sebesar 41%. Dikutip dari cnn.com, defisit yang besar, akumulasi defisit seluruh tahun pada dekade ini yang diperkirakan mencapai 82% dari produk domestik bruto (PDB).

Sebagai informasi perbandingan, defisit anggaran di AS mencapai sekitar 30% dari PDB pada tahun anggaran 1942/1943 dan pada tahun anggaran berikutnya defisit masih bertahan di atas 20%, tepatnya pada dua tahun anggaran berikutnya. Tahun tersebut adalah masa ekonomi yang sedang mengalami gejolak resesi tahun 1940-an.

Arif Hatta (Hatta@wartaekonomi.com)

Rabu, 26 Agustus 2009 13:44
http://www.wartaekonomi.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2930:defisit-as-diperkirakan-82-dari-pdb-&catid=53:aumum

Tidak ada komentar: