Jumat, 12 Februari 2010

Perayaan Imlek 2010 Klenteng Hian Thian Siang Tee Selesai Dirias


VIVAnews – Persiapan perayaan Imlek 14 Februari 2010 di Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Barat, sudah selesai. Semuanya sudah dirias. Diperkirakan sekitar 5.000 orang akan datang ke klenteng ini pada hari Minggu nanti.

Pengurus Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio, Sanjaya, mengatakan perbaikan dengan mempercantik klenteng sebelum Imlek memang wajib hukumnya bagi umat Budha. Apalagi, klenteng Hian Thian Siang Tee Bio yang terletak di belakang Pasar Palmerah itu memiliki banyak umat.

Ritual memandikan patung dewa juga sudah dilakukan selama dua hari lalu, yakni pada 6 dan 7 Februari 2010. Pada tanggal itu, umat Budha percaya dewa-dewa sedang pergi ke khayangan untuk melaporkan tindak tanduk umat manusia di bumi.

"Menurut keyakinan kami, tanggal ini adalah saat yang tepat untuk melakukan ritual memandikan patung dewa," katanya.

Sanjaya mengaku senang dengan perhatian dari pemerintah terhadap perayaan Imlek. Dijadikannya hari Imlek sebagai hari libur nasional membuat perayaan Imlek menjadi lebih meriah. "Ini membuat kami merasa tidak dianaktirikan lagi," katanya.

Imlek secara tradisi telah diperingati oleh masyarakat Tionghoa seluruh dunia sejak ribuan tahun lalu. Dari buku kuno diketahui Imlek dirayakan di Tiongkok 4.699 tahun yang lalu oleh raja pertama Huang Ti.

Secara tradisi perayaan Imlek diisi dengan berbagai aktivitas membarui, mulai dari memperbaiki rumah dan diri umat.

http://metro.vivanews.com/news/read/128932-kelenteng_hian_thian_selesai_dirias

Tidak ada komentar: