Kamis, 08 Oktober 2009

Beton Plastik, Solusi Hebat untuk Pembangunan



Arsitek Henry Miller telah memikirkan sebuah cara untuk menggunakan ulang limbah plastik, menghindari proses pemborosan energi dari proses daur ulang plastik. Solusi cemerlang Miller meraih pemenang pertama dalam “Kategori Komponen” dari kompetisi kedua Concrete Sustainable World yang diselenggarakan setiap tahun.

Mengunakan bahan-bahan yang didaur ulang sekarang sedang jadi trend. Saat tinggal di Albania, Miller melihat banyak daerah disana menghentikan program daur ulang plastiknya untuk solusi yang lebih murah, dan memperhatikan banyak ladang yang disia-siakan. Ide Miller adalah: menggunakan limbah plastik sebagai pengganti bahan baku beton yang selama ini harus diperoleh melalui proses penambangan (mining) dan menciptakan produk yang lebih baik. Dengan mencampurkan limbah plastik, semen dan tanah dari ladang terbengkalai itu, Miller mampu untuk menciptakan material yang sama kuatnya dengan beton pada umumnya.

Sebetulnya kompetisi Concrete Sustainable World hanya melombakan konsep desain, namun Miller tidak puas dengan hanya sebatas ide yang belum diwujudkan. Dia benar-benar menggunakan beton plastik ciptaannya untuk membangun tembok. Ia ingin menunjukkan bahwa hasil karyanya dapat dimanfaatkan.

Saat memaparkan proyeknya, Miller mengatakan: "Mendaur ulang plastik adalah sesuatu yang sulit, memerlukan proses energi yang intensif, dan menghasilkan suatu produk yang lebih rendah daripada bahan asli. Saya sudah meneliti kemungkinan menggunakan bentuk butiran, limbah plastik sebagai bahan campuran beton. Tidak seperti plastik biasa, ia dapat dicampur tanpa efek yang merugikan, pemanasan penggabungan tidak diperlukan, hasil awal percobaan saya menunjukan produk ini sama kuatnya dengan beton konvensional (antara 3000 dan 5000psi.) Sebagai hasil penggunaan limbah plastik daripada bahan campura biasa, penambangan bahan baru untuk bahan campuran adalah tidak diperlukan lagi." (Trey Farmer /snd)


Era Baru Rabu, 30 September 2009
http://erabaru.net/iptek/82-teknologi-inovasi/5374-beton-plastik-solusi-hebat-untuk-pembangunan

Tidak ada komentar: